MANAJEMEN TERM OF REFFERENCE

Pendekatan keperilakuan (behaviorism) dalam penelitian ilmu sosial semakin berkembang seiring dengan kompleksitas isu riset sosial. Masalah yang sering muncul dalam penelitian sosial adalah masalah pengukuran. Berbeda dengan riset di bidang eksakta, riset dalam bidang sosial menghadapi masalah pengukuran karena sifat variabel yang cenderung abstrak. Dalam penelitian di bidang bisnis, pada

Start

February 19, 2016 - 12:00 am

End

March 20, 2016 - 12:00 am

Address

Auditorium Muhamad Djasman Kampus 1 UMS   View map

Pendekatan keperilakuan (behaviorism) dalam penelitian ilmu sosial semakin berkembang seiring dengan kompleksitas isu riset sosial. Masalah yang sering muncul dalam penelitian sosial adalah masalah pengukuran. Berbeda dengan riset di bidang eksakta, riset dalam bidang sosial menghadapi masalah pengukuran karena sifat variabel yang cenderung abstrak. Dalam penelitian di bidang bisnis, pada saat meneliti perilaku pelaku bisnis baik konsumen, anggota organisasi atau perusahaan maka isu pengukuran ini semakin kompleks. Ketepatan pengukuran akan memberikan prediksi yang lebih tepat dalam sebuah riset baik dengan pendekatan deskripsi maupun riset yang sudah mengukur kausalitas.
Selama ini penelitian keperilakukan banyak dilakukan di bidang psikologi, namun demikian perkembangan teori dan praktik bisnis menuntut peneliti di bidang manajemen untuk melakukan terobosan dengan menggunakan pendekatan keperilakuan untuk menjelaskan fenomena di bidang bisnis. Riset di bidang manajemen pemasaran dan manajemen sumber daya manusia dan organisasi sudah lazim menggunakan pendekatan keperilakuan. Dalam perkembangannya, riset di bidang manajemen keuangan dan strategi juga mulai menggunakan pendekatan keperilakuan.
Tantangan utama dalam menggunakan pendekatan keperilakuan adalah masalah pengukuran yang terkait dengan kesesuaian antara konsep, konstruk, dimensi, indikator dan setting penelitian. Bagi peneliti di bidang manajemen, masalah pengukuran ini memerlukan pemahaman mendalam tentang konsep dan definisi operasional dari sebuah variabel.
Seminar dan Call For Paper  RISET BISNIS tahun ini mengundang penulis dan peneliti di bidang :
1.    Manajemen Pemasaran dan Perilaku Konsumen.
2.    Manajemen Sumber Daya Manusia dan Organisasi.
3.    Manajemen Keuangan
4.    Manajemen Operasional
5.    Manajemen Strategik.

Rundown Acara Sansetmab 2016 dapat di download DI SINI.

MORE DETAIL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Threesome