FK UMS menerima studi banding pelayanan Kemahasiswaan FK Unbrah, bersama dengan FK UNISBA

Selasa, 28 Juli 2020, Fakultas Kedokteran universitas Muhammadiyah Surakarta (FK UMS) menerima studi banding mengenai Pelayanan Kemahasiswaan oleh FK Universitas Baiturrahmah (FK UNBRAH) Padang, bersama dengan FK universitas Islam Bandung (FK UNISBA).

Studi banding ini berlangsung secara virtual menggunakan aplikasi Zoom, dibuka dengan sambutan oleh Rektor Universitas Baiturrahmah yaitu Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, M.S, Dekan FK UMS, Prof. Dr. dr. EM Sutrisna, M.Kes, dan dr. Zulmansyah, Sp.A, M.Kes dari FK UNISBA mewakili Dekan yang berhalangan hadir. Tujuan dari kegiatan ini adalah berbagi pengalaman mengenai pengelolaan bidang kemahasiswaan di masing-masing fakultas.

Perguruan tinggi berfungsi mencetak lulusan yang berkualitas, mampu berkiprah baik di tingkat nasional maupun internasional. Aktivitas kemahasiswaan merupakan bagian integral dalam membentuk mutu lulusan tersebut, terutama dalam hal memperkuat kemampuan soft skill disamping akademik lulusan. Sebagai narasumber dari FK UMS, dr. Ratih Pramuningtyas, Sp.KK, menyampaikan peran bidang kemahasiswaan dalam membentuk kualitas mahasiswa yang merupakan wadah pengembangan potensi diri, minat dan bakat mahasiswa. Untuk institusi, bidang kemahasiswaan memiliki peran cukup besar dalam pemeringkatan universitas maupun Akreditasi Fakultas. Beberapa kegiatan mahasiswa baik di bidang penalaran maupun non penalaran tingkat nasional dan internasional, strategi-strategi peningkatan prestasi yang dikaitkan dengan bidang akademik seperti PKM, dll. Peningkatan prestasi ini berkoordinasi dengan ormawa di tingkat fakultas, terutama dalam penjaringan bibit-bibit unggul mahasiswa.

Paparan dari masing-masing narasumber mencakup susunan sistem pelayanan kemahasiswaan, pengembangan minat bakat, dan pembinaan karakter. Ketiga Universitas tersebut merupakan universitas bernafaskan islami, sehingga dalam hal pembinaan karakter memiliki sistem yang hampir mirip, dan saling melengkapi. dr. Zulmansyah Sp.A sebagai narasumber dari FK UNISBA menyampaikan dalam hal pembinaan karakter terdapat sistem pesantren yang dilaksanakan sebanyak tiga kali selama mahasiswa menempuh jalur pendidikan dokter hingga menjadi dokter, kegiatan mentoring, dan sistem bonding antara kakak tingkat dengan adik tingkat.

Dalam hal sistem pelayanan kemahasiswaan, dr. Rhandyka Rafli, Sp.Onk.Rad, narasumber dari FK UNBRAH menyampaikan bahwa di fakultasnya sedang mengembangkan USS atau Unit Students Support yang fungsinya dalam pelayanan mahasiswa serta organisasi mahasiswa.

Secara keseluruhan, acara ini berlangsung selama 3 jam, dihadiri oleh pimpinan fakultas beserta pengurus ormawa dari masing-masing fakultas kedokteran. Harapan selanjutnya adalah komunikasi yang baik antar fakultas sehingga dapat saling menguatkan terutama di bidang kemahasiswaan.