Pakar Ginjal dan Hipertensi Menjadi Pembicara Visiting Professor FK UMS

Pakar Ginjal dan Hipertensi Menjadi Pembicara Visiting Professor FK UMS

Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta (FK UMS) Mengundang Prof. Dr. dr. H.M. Bambang Purwanto, Sp.PD-KGH., FINASIM untuk menjadi pembicara dalam Visiting Professor yang diselenggarakan di Ruang Kuliah Ali Bin Abi Thalib, Gedung FK, lantai 6 Kampus 4 UMS dengan mengangkat topik “Penatalaksaan Terkini Hipertensi dan Skrining Komplikasi Hipertensi.

Acara yang berlangsung pada Senin 17 Desember 2018 ini dihadiri oleh Pimpinan, Dosen, Mahasiswa Program S1 dan Program Profesi FK UMS, serta mahasiswa Program Profesi Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (FK UNS).

Pada kesempatan tersebut, Guru Besar FK UNS ini menjelaskan mengenai patofisiologi terjadinya hipertensi dan komplikasi biologimolekuler pada target organ terutama jantung, otak dan ginjal. Beliau juga menjelaskan guideline serta pilihan terapi hipertensi sesuai pendekatan individu secara umur, golongan obat anti-hipertensi yang banya dijadikan pilihan untuk berbagai kasus adalah ACE-Inhibition contohnya: Capropril, Lisinopril, Ramipril, dll.

Disampaikan juga agar penurunan tekanan darah tidak perlu terburu-buru, karena akan menimbulkan banyak keluhan apabila tekanan darah pasien terbiasa tingi, target penurunan tekanan darah juga berbeda-beda sesuai usia dan komorbid penyakit lain.

“Menjaga kesehatan adalah bagian dari kewajiban kita umat manusia sebagai bentuk rasa syukur dan agar dapat senantiasa beribadah kepada Allah. Salah satu cara menjaga kesehatan adalah kurangi konsumsi karbohidrat, perbanyak makan sayur dab buah, serta olahraga yang teratur” pungkas dokter spesialis penyakit dalam ini.